Rabu, 03 Oktober 2012

Bolu Kukus Mekar Gula Merah



Alhamdulillah, kemaren bisa menyelesaikan tugas didapur dengan memuaskan...bikin bolu kukus mekar gula merah. Anak-anak dirumah sangat suka sama bolu kukus gula merah. Bikin bolu ini mudah, enak...lembut, rasa gula merahnya merupakan keistimewaan yang unik, dan InsaAllah tidak gagal merekah dengan indah, saya kalau bikin selalu mekrok dengan sempurna. Resep ini dulu saya dapat dari tabloid Lezat, saya rubah sedikit komposisi bahan2nya agar sesuai dengan citarasa lidah kami. Sengaja saya tambahkan air santan dan mengurangi jumlah air keseluruhan, sehingga bolu lebih terasa lembut dan teksturnya lebih halus.

Bolu Kukus Mekar Gula Merah
Source: Tabloid Lezat (Vivi Liong)
Modfied: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
2 butir telur
100 gr gula pasir

Bahan B:
500 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
---> Campur semua bahan diatas menjadi satu hingga rata

Bahan C:
400 gr gula merah + 250 ml air + 2 lembar daun pandan---> rebus dan saring, dinginkan
150 ml santan kental (bisa pakai santan instan)
---> Campur air gula merah dan santan kental hingga larut

Bahan C:
250 ml minyak goreng




Cara Membuat:
1. Kocok gula pasir dan telur hingga putih dan kental (bila baling2 mixer diangkat adonan tidak jatuh dengan cepat), lalu masukkan sedikit demi sedikit bahan B bergantian dengan bahan C dengan mixer kecepatan rendah.
2. Tuangkan minyak goreng dan mixer dengan kecepatan rendah hingga adonan licin dan kental.
3. Siapkan kukusan/langseng dan panaskan dengan api cukup besar.
4. Siapkan pula cetakan bolu kukus kemudian letakkan paper cup didalamnya, tuangi adonan bolu kukus hingga penuh.
5. Kukus bolu selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang. Jangan lupa yaa...tutupnya langseng dibungkus dengan serbet agak tebal, agar uap air tidak menetesi bolu yang sedang dikukus.


Di bawah ini foto cetakan yang saya pakai untuk bulu kukus mekar gula merah (diameter cetakan sekitar 6 cm) :




Selamat Bereksperimen, Mudah2an sukses... :)

9 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    Mbak minggu lalu saya sudah mencoba buat bolunya...hasilnya cantiik, wangii & lembut. Rasanya enak banget (krn pakai santan kali yaa). Hari ini buat lagi utk pengajian di tetangga...
    Terimakasih resepnya sangat bermanfaat.

    ~sri han~

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam, makasih sudah coba resep ini mbak...iya kalau pakai santan pasti akan lebih legit dan lembut bolunya, makanya saya modif seperti dr resep aslinya...turut seneng mbak, Alhamdulillah sukses ya...

    BalasHapus
  3. Halo ibu ita.. Sy sdh cb resep ini.. Tp buatan sy krg lembut bu. Apa sebabny y. Bu jika berkenan silakan invite pin sy.. Ada bbrp hal yg ingin sy tnyakan. Sy suka resep2 ibu. Mudah diaplikasikan dan bahanny jg gmpg di dpt. Ini pin sy bu..7f9ba39f. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebabnya kenapa...saya juga kurang tahu mb Aluna, selama ini saya bikin baik2 saja dan memang lembut, juga teman2 lain yg bikin kue ini sudah merasa cocok.
      Coba dianalisa sudah sesuai dengan resep belum baik dari bahan dan cara pembuatannya. Mixer adonan sudah sampai kental belum, pakai jenis tepung terigu yg mana...akan lebih baik hasilnya jika tepung terigu diayak/disaring dulu sebelum digunakan. Kemudian saat mengukus gunakan api yg cukup besar agar kue mekar dg bagus...dan masih banyak lagi hal2 yg bisa menyebabkan ketidak sempurnaan hasil kue.
      Untuk BB saya gak aktif mbak, jika ingin kenal lebih dekat dg saya bisa add Fb saya dengan nama account: Ariesta Mikdar Gunawan.

      Hapus
    2. Fb udh ketemu tp kok ga bisa di add ya bun

      Hapus
  4. Halo ibu ita,, sy sdh cb lg resep bolu kukus gula jawa nya. Kali ini sukses berat.. Semuany mekar, lembut, manis dan gurih. Cantik bu bolu sy kali ini. Next project sy mw cb resep ibu yg lain. Sementara mau euforia kesuksesan bkin bolkus gula merah ini dl.. Smga ibu sehat slalu...

    BalasHapus
  5. ass, salam kenal mba...mf mba sy mo naya bs g resep ini d kukus pk loyang besar aja sekalian (bkn cetakan bolu kukus) jd nya br bs d ptng2. kr2 hslnya bagus g y? o,iya itu soda kue fungsinya spy mekrok y? mhn pencerahannya. tks.

    nita.

    BalasHapus
  6. Kalo Tepung terigunya diganti Tepung beras/Tepung ketan putih bs ga mba

    BalasHapus
  7. Kalo Tepung terigunya diganti Tepung beras/Tepung ketan putih bs ga mba

    BalasHapus