Sabtu, 25 Februari 2012

PISANG MOLEN




Bismillah...

Sebenarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan...
Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi.

Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak?

Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".


Pisang Molen Resep Pertama
Resep: Primarasa Hidangan Nusantara Populer
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan
Bahan Kulit A:
100 gr tepung terigu
1 sdm minyak zaitun
30 gr margarin
50 gr mentega putih (saya pakai Crisco)

Adonan B:
300 gr tepung terigu
50 gr gula halus
20 gr tepung custard
50 gr mentega
50 gr margarin
100 ml air dingin dari kulkas
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt vanili bubuk

Bahan Isian:
10 pisang raja/pisang tanduk yang manis, kukus dan potong melintang 4 cm belah jadi 2.
100 gr keju cheddar potong memanjang menjadi 20 bagian.
50 gr messes Ceres bila suka boleh diisikan.

Bahan Olesan:
1 kuning telur dikocok lepas
1 sdm susu cair tawar
1 sdm mentega cair




Cara Membuat:
1. Adonan kulit A: Campur jadi satu bahan kulit A kedalam wadah, aduk dengan menggunakan sendok kayu atau spatula hingga rata. Kemudian bagi adonan menjadi 20 bagian, bentuk bulat
2. Adonan kulit B: Campur jadi satu semua bahan kulit B kedalam wadah, uleni adonan dengan tangan hingga kalis. Bagi adonan menjadi 20 bagian juga, lalu bentuk bulat.
3. Ambil 1 bagian adonan B dan pipihkan hingga agak tipi bentuk segiempat. Setelah itu..taruh 1 bagian adonan A diatasnya. Lipat seperti amplop adonan B hingga menutupi adonan A.
4. Kemudian ambil satu adonan bulat, gilas tipis hingga berbentuk persegi panjang, lakukan satu persatu hingga selesai. Gulung adonan dari sisi yang pendek, lakukan satu persatu hingga selesai. Gilas lagi menjadi persegi panjang. Gulung lagi...dan gilas lagi seperti sebelumnya. Lakukan proses ini hingga 3 kali. Kerjakan hingga semua adonan selesai digilas dan digulung. Diamkan kurang lebih 30 menit.
5. Panaskan oven pada suhu 180'C, olesi loyang dengan margarin dan alasi dengan kertas roti...olesi lagi dengan margarin.
6. Ambil satu adonan, buka gulungannya, lalu gilas tipis hingga berbentuk persegi sama sisi...taruh sepotong pisang, messes ceres dan sepotong keju diatasnya, lalu tutup dengan 1 belahan pisang lagi. lipat adonan kulit hingga tertutup sisi bawahnya. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
7. Taruh adonan yang sudah diisi pisang kedalam loyang, atur dengan jarak kurang lebih 1 cm. Olesi permukaan pisang molen dengan kuning telur. Masukkan loyang kedalam oven, panggang selama  kurang lebih 60 menit. Angkat...keluarkan dari oven, olesi permukaan pisang molen dengan susu cair, diamkan sebentar (2 menit), panggang kembali dalam oven dengan api atas panas sedang saja, dan sebentar saja (5 menit), angkat...keluarkan dari oven dan olesi permukaan pisang molen dengan mentega memakai kuas agar nampak mengkilat dan lembab.


# Note:
- Saya suka menikmati kue pisang molen ini jika sudah di inapkan, tekstur kulitnya semakin lembut dan empuk...aroma pisang kejunya sudah menyatu dengan kulit pastry-nya.


Selamat Mencoba :)

2 komentar:

  1. salam kenal.., aku udah coba resep molen ini mbak dan juga ada beberapa modofikasi :). hasilnya bisa lihat di sini:
    http://nailandra.blogspot.com/search/label/Molen%20pastry

    BalasHapus
  2. terima kasih mb Hari sdh coba resep pisang molennya...
    salam kenal juga dr saya di kuwait, okk...nanti saya tengok blog mbak...
    untuk pisang molen ini akan semakin terasa empuk, manis legit dan lembut dinikmati jika pisang molen sudah di inapkan semalam, krn pisang molen sudah lemas dan lembab. Kalau masih baru matang dr oven memang agak garing dan keras gitu, saya sudah sering bikin...karena suami saya lebih suka pisang molen ini ketimbang pakai kulit pastry beli di super market.

    BalasHapus