Kamis, 25 Oktober 2012

Macaroni Schotel



Membuat macaroni schotel sebenarnya cukup mudah dan cepat, apalagi bila semua bahan yang dibutuhkan telah siap siaga di dapur. Resepnya pun tak harus memakai resep khusus, aslinya hanya main feeling aja dan asal cemplang cemplung, yang penting rasanya cocok dan pas di lidah kita.
Hanya saja karena saking seringnya buat masakan ini, saya jadinya membuat resep dengan patokan2 pada bahan2 bakunya. Agar rasanya tetap stabil dan gak berubah-ubah jika mood and feeling sedang tidak berkompromi, hehee... Monggo silakan jika berkenan dengan resep saya :)

Macaroni Schotel 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr macaroni rebus (yang tersedia dirumah aja)
500 ml susu cair tawar/plain
5 butir telur kocok lepas
50 gr wortel potong kubus kecil, rebus
50 gr brokoli potong kecil kuntumnya, rebus
1 batang daun seledri dicincang halus
50 gr keju cheddar parut
100 gr keju cheddar parut untuk taburan


Bahan Tumisan Daging:
150-200 gr daging sapi giling (bisa pakai daging ayam giling)
1/2 buah bawang bombay dicincang halus
3 siung bawang putih dicincang halus
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala halus
2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdt oregano (kalau gak punya boleh di abaikan)
3 sdm minyak zaitun untuk menumis (boleh pakai margarin/butter)




Cara Membuat:
1. Tumisan Daging: panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih dan bawang bombay...masukkan daging sapi giling, aduk2 hingga rata. Beri garam, gula pasir, lada, pala dan oregano, aduk2 hingga daging sapi giling matang. Angkat, sisihkan.
2. Dalam mangkok besar tuangkan macaroni, tumisan daging, wortel rebus, brokoli rebus, daun seledri, keju cheddar parut yang 50 gr dan telur kocok...aduk2 hingga tercampur. Tuangkan susu cair tawar, aduk2 lagi hingga tercampur merata, cicipi/rasakan sudah cukup asin dan gurihnya...tambahkan garam atau gula jika terasa kurang berasa.
3. Siapkan pinggan tahan panas (pinggan kaca pyrex dan lainya), olesi margarin dan taburi dasar pinggan/loyang dengan tepung roti/panir halus (yang biasa digunakan untuk memanir kulit risoles), tujuannya agar saat macaroni schotel dipotong tidak lengket dipinggan, hasil potongan macaroni schotelnya halus mulus. Dan jangan lupapanaskan oven dengan suhu 180'C kira2 15 menit sebelum memanggang macaroni schotel.
4. Tuangkan adonan macaroni schotel kedalam pinggan/loyang, lalu panggang kurang lebih hampir satu jam. Kira2 20 menit sebelum matang keluarkan pinggan/loyang dari oven lalu taburi atasnya dengan keju parut. Masukkan lagi kedalam oven untuk mematangkan keju parut. Jika keju sudah kuning kering dan agak kecoklatan segera matikan oven dan keluarkan macaroni schotelnya. Hidangkan hangat2 dengan saus tomat dan saus cabe botol.

5 komentar:

  1. Assalamualaikum mbk ita,,ngovennya itu pke atas bawah atw bawah aja,,,soalnya saya msi pemula memakai oven listrik,,makasi

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam, pakai api bawah aja mbak...
    Panasin dulu oven sebelumnya kira2 selama 15 menit, baru masukkan makaroni skutelnya..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mbk kalau di kukis bisa pake resep in juga tidak ya?

    BalasHapus