Rabu, 10 Oktober 2012

Sayur Lodeh Merah Tahu dan Kacang Koro



Lagi-lagi saya masak sayur kacang koro, suka sekali memang sama kacang koro ini. Kebetulan meski di Kuwait...untuk mendapatkan sayuran ini gak sulit, ternyata orang2 India juga mengkonsumsi sayuran kacang koro...tapi entah dimasak macam apa sama mereka. Kalau di kampung, tempat tinggal orangtua saya di Ponorogo...kacang koro ini sering dimasak sayur lodeh, dibuat campuran urap2/krawu dan untuk nasi pecel. Jadi memang saya sudah terbiasa makan sayur kacang koro ini...

Yuuk mari kita masak sayur kacang koro yang dicampur sama tahu goreng, biar lebih ada nilai tambahan dalam hal kandungan gizinya yaa...
Uenak tenan lho sayur ini, mantaff banget. Hehee...tapi bagi yang suka aja :)

Sayur Lodeh Merah Tahu dan Kacang Koro
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr kacang koro potong ujungnya
10 buah tahu yang sudah digoreng
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas digeprek
100 ml air putih
500 ml santan kental
1 sdt garam (secukup rasa)
1 sdt sdt gula pasir (sesuai selera)
3 sdm minyak goreng (minyak zaitun) untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bwang putih
5 butir kemiri
5 biji cabe merah besar

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga matang dan harum.
2. Rebus air hingga mendidih didalam panci, masukkan bumbu halus yang sudah ditumis, sayur kacang koro, tahu goreng, daun salam dan lengkuas.
3. Masak hingga sayur setengah matang, tuangkan santan kental, beri garam dan gula pasir. Aduk2 hingga sayur matang dan kuahnya mendidih. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat...didampingi lauk pauk favorit keluarga tercinta.

7 komentar:

  1. Assalamualaikum Ariesta, Salam kenal dari kak Ct. Terima kasih sudi mampir kedapur kak Ct juga.

    sangat menarik resep2 disini, bisa dicoba satu hari nanti. Oh ya kacang koro tu apa ya.. :)

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam Kak CT, saya jg mengucap trm kasih tak terhingga sudah sudi melihat dapur maya saya (blog saya), blog saya masih terlalu sederhana...tak sebagus blog Kak CT, foto2nya benar2 cantik...photographer yang handal/profesional. Jadi ingin belajar sama Kak CT...
    Kacang koro itu sejenis tanaman dari famili kacang2an, biasa dijual dipasar...seperti kacang kedelai tapi agak besar dan lebih tipis bentuknya, digunakan untuk memasak pecel, sayur urap..atau memasak sayur yang lain.

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum. salam kenal mbak, saya astuti. terus terang saya sangat suka membaca blognya mbak karena banyak cerita yang menarik. juga ide masakan yang siiippp. oleh karena itu saya mohon ijin ya kalo mau pakek resepnya mbak untuk urusan dapur saya. dan yang lebih senangnya lagi ternyata mbak asli orang ponorogo ya ? sama donk ? ponorogonya mana ?
    trimss.......

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumsalam, mbak...saya jg senang berkenalan dg mbak, namanya mb Astuti ya. Ponorogonya di kota mbak...di jl. Anjasmoro belakang BRI kota. Mbak Astuti tinggal dimana... :)

    BalasHapus
  5. Wa'alaikumsalam, mbak...saya jg senang berkenalan dg mbak, namanya mb Astuti ya. Ponorogonya di kota mbak...di jl. Anjasmoro belakang BRI kota. Mbak Astuti tinggal dimana... :)

    BalasHapus
  6. saya di jl. asmorondono kelurahan kauman, baratnya alon-alon atau masjid agung ke utara. Bagaiman kbarnya sekarang mbak ?

    BalasHapus
  7. Makasih resepnya kami soalnya banyak kacang koro/roay di apain ....?

    BalasHapus