Rabu, 28 Desember 2011

Siomay Ayam Udang



Setiap kepingin makan siomay harus bikin sendiri, beginilah kalau jauh dari kampung tercintah...sedih tenan deeh. Dari itulah...pada akhirnya dengan keterpaksaan akhirnya bisa membuat siomay sendiri, dari yang tadinya keras..kenyal, kebanyakan tepung acinya..terus kadang dibilang sama anak2 koq gak seperti yang dijual abang2 yang lewat depan rumah kita.

Aduh maak...masa sih dibuatin siomay yang empuk dan kerasa ikannya malah dibilang kurang enak? gak kaya kalo yang dijual si mamang siomay langganan yang lewat di depan rumah, he he hee..malah jadi tantangan nih, harus bisa menaklukkan siomay. Padahal di resep yang dulu siomay saya itu top markotop lho...sudah pernah diposting di blog ini tahun 2009.

Ternyata anak-anak dirumah maunya siomay yang agak banyak acinya gitu..kenyil2. Sudah pernah saya buatin yang model siomay abang gerobak...mereka pada suka, enak bener Mama..."ini baru siomay kesukaan mas dan dedek". Bikinnya gampang cuma diaduk2 lalu diceplok2 terus dikukus..gak pakai kulit siomay, gak pake dicetak2, jadi deh. Kalau yang siomay ini resepnya harus pakai ikan tenggiri, dan belum saya dokumentasikan di blog..ntar dulu yaa, Insa Allah lain hari ditulis.

Yang mau saya tulis disini resep siomay yang pakai daging ayam dan udang, bukan dari ikan tenggiri. Rasanya enak juga meski gak pakai ikan tenggiri, empuk dan aromanya khas bau udang. Hal ini untuk mengantisipasi atau hanya alternatif jika tidak punya stok ikan tenggiri, jadi tetep bisa bikin siomay yang enaak... :)

Siomay Ayam Udang
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Siomay:
300 gr daging ayam giling
200 gr daging udang cincang
150 gr kol/kubis dicincang halus
5 siung bawang putih
1/2 bawang bombay dicincang halus
1 sdt lada halus
1 sdt garam (secukup rasa)
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen
100 gr tepung tapioka
3 butir telur
100 ml air es
1 pack kulit pangsit ukuran kecil/spring roll
1 buah wortel kecil parut

Bahan Sambal Kacang:
500 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
50 gr gula pasir
100 gram gula merah, disisir halus
2 sdt (secukupnya)
750 ml air
1 sdm air asam
3 sendok makan minyak untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
7 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit merah




Cara Membuat Siomay:
1. Tumis dengan minyak goreng bawang putih dan bawang bombai sampai kuning dan harum, tuangkan minyak wijen dan minyak ikan segera matikan api kompor. Sisihkan dan biarkan dingin.
2. Siapkan alat Food Processor, masukkan daging ayam, daging udang, daun kobis, bumbu yang telah ditumis, garam, gula pasir dan lada halus. Giling dengan mesin FP kurang lebih 5 menit, sampai adonan halus dan licin.
3. Campurkan tepung sagu sedikit demi sedikit bergantian dengan telur sambil tetap digiling dengan mesin FP lamanya sekitar 10 menit. Sambil masukkan air es sedikit demi sedikit hingga habis.Hentikan jika sudah kalis dan cicipi sudah pas belum rasanya.
4. Siapkan alat pengukus dan panaskan lebih dulu, kemudian cetak adonan siomay. Ambil kulit siomay, isi 1 sendok makan kemudian letakkan pada cetakan kue talam kecil, beri atasnya sejumput wortel parut. Kerjakan hingga selesai, kukus segera.
5. Kalau pengen lengkap, bisa ditambahkan kol/kobis, kentang, pare dan telur rebus atau sesuai selera. Kebiasaan di rumah anak-anak lebih suka siomay saja tanpa printilan kawan-kawannya itu.

Cara Membuat Sambal Kacang:
1. Haluskan bawang putih, cabe merah dan cabe rawit, tumis dengan minyak goreng hingga matang dan mengering.
2. Tuangkan air putih, taburkan garam, gula merah dan gula pasir, masak hingga air mendidih.
3. Masukkan kacang tanah dan air asam, aduk2 hingga tercampur rata. Tunggu hingga air menyusut dan mengental, ditandai dengan munculnya minyak yang berwarna merah.
4. Rasakan apabila sudah sesuai selera maka matikan api. Siap untuk disiramkan ke sepiring siomay hangat...nyam nyam deh.

Selamat menikmati.. :)

1 komentar:

  1. Mba ita, salam kenal.. aku udah coba resepnya.. alhamdulillah, enak and pas bumbunya.. aku ganti ayam dan udangnya, pake makarel dan lobster (di iceland, ga ada ikan tenggiri, tapi katanya makarel hampir sama).. makasih ya :)

    BalasHapus