Jumat, 09 Desember 2011

Sambel Goreng Kering Kentang



Dulu waktu masih di Indonesia, sering bikin lauk kering kentang ini, memang agak gampang-gampang susah, kadang jadi bagus...kadang juga tidak sesuai harapan hasilnya, misalnya tidak kering atau lemes dan basah. Tapi lama lama dari kegagalan coba mencoba...akhirnya saya bisa membuat kering kentang ini dengan kering dan garing sring sring, he hee...

Orang Cilegon Banten, tempat dimana saya sekeluarga dulu pernah tinggal, masakan ini terkenal dengan sebutan kering kentang Mustofa. Entah kenapa yaa..disebut nama ini, mungkin dulu kalanya yang mempopulerkan masakan ini namanya Pak Mustofa kali yee...he hee..., wallahua'lam bishawab...


Kering Kentang Mustofa
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg kentang, kupas dan serut dengan parutan khusus/potong2 korek api
3 sdm air kapur sirih

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
5 buah cabe merah besar/keriting
2 sdt garam (secukup rasa)

Bumbu tambahan:
5 sdm gula pasir (sesuai selera)
3 sdm air putih
1 sdt air asam
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk




Cara Membuat:
1. Cuci dengan air kran kentang yang sudah diserut hingga air cucian terlihat bening. Rendam kentang dengan air kapur sirih selama kurang lebih 15 menit, lalu tiriskan. Cuci kembali dengan air kran hingga kentang bersih, tiriskan. Saya punya parutan khusus, jadi kentang dengan cepat bisa diserut dengan parutan, hasilnya bagus, rancakbana dan seragam...kita gak capek dan lama memotong pakai pisau.
2. Goreng sedikit demi sedikit kentang dengan minyak panas sedang, saat menggoreng jangan terlalu sering di aduk-aduk, nanti mengakibatkan kentang lengket dan hancur. Kalau sudah kelihatan menguning,  matikan api dan angkat kentangnya, tiriskan.
3. Tumis bumbu halus beserta daun salam dan daun jeruk, masukkan gula pasir, tambahkan 3 sendok makan air putih dan air asam, aduk-aduk sampai air menyusut, hingga bumbu mengering, setelah terlihat berbusa atau berkaramel...masukkan kentang goreng, aduk perlahan-lahan sambil dibalik-balik, jika sudah campur dengan rata, angkat dan dinginkan. Masukkan ke dalam toples, bisa buat pelengkap makan nasi uduk atau bubur ayam... :)

3 komentar:

  1. mantapp resepnya. pengen segera dicoba nih (y)

    BalasHapus
  2. Enak bgt.. ;) .boleh tau gak mba parutannya beli dimana? Biar praktis dan gak pegel kalo ngiris kentangnya

    BalasHapus
  3. kayaknya enak nih resepnya. bisa di coba...

    BalasHapus